Rabu, 28 September 2011

jenis komputer berdasarkan bentuk

• Tower
Tower (menara) biasanya diletakkan di samping atau di bawah meja karena ukurannya yang relatif besar, sehingga memenuhi meja. Komputer ini umumnya memiliki ruang di dalamnya dan banyak memiliki tempat untuk memasang card tambahan (expansion slot), sehingga bisa ditambahkan dengan berbagai perangkat tambahan.
• Desktop
Desktop (meja kerja) adalah komputer yang ukurannya sedikit lebih kecil dairi tower, tetapi biasanya diletakkan di atas meja. Komputer ini paling banyak dipakai karena harganya yang lebih murah dibandingkan dengan bentuk yang lain. Komputer yang dipakai sekarang ini adalah jenis desktop.
• Portable
Portable (mudah dibawa – bawa) adalah komputer yang ukurannya sedikit lebih kecil dari dekstop karena bagian – bagiannya dapat dirangkai menjadi satu kotak saja sehingga mudah dibawa ke mana – mana. Komputer ini ditujukan bagi pengguna yang sering berada di lapangan, misalnya insinyur yang bertugas menyelesaikan suatu rumah. Komputer ini kurang populer karena relatif besar dan berat.
• Notebook
Notebook (buku catatan) adalah komputer yang ukurannya sebesar buku catatan (yang banyak dipakai untuk pelajar, mahasiswa, dan orang – orang bisnis). Notebook mempunyai ukuran yang sama dengan kertas kuarto, yaitu 8 ½ x 11 inci, tebalnya berkisar 1 hingga 1 ½ inci dan beratnya antara 1,5 sampai 6 kg (tergantung perangkat yang terpasang pada notebook).
• Subnotebook
Subnotebook adalah komputer yang berukuran di antara komputer notebook dan palmtop. Ukuran komputer ini sedikit lebih kecil dari notebook karena ada sebagian perangkat yang tidak dipasang, biasanya disk drive.
• Palmtop
Palmtop adalah komputer yang dapat digenggam. Ukurannya yang sangat kecil, kira – kira sedikit lebih kecil dibandingkan kaset video beta. Komputer ini sering disebut handheld computer . Komputer ini tidak memerlukan aliran listrik.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar